Selasa, 23 Mei 2017

Cara Pengajuan Visa Korea Dengan SPT Sponsor

South Korea, Korea Selatan, atau lebih mudahnya sebut saja Korea, belakangan menjadi salah satu destinasi favorit bagi warna Indonesia. Drama Korea, K-pop, dan internet ikut ambil alih dalam penyebaran virus Korea ini sehingga banyak orang yang penasaran seperti apa sih Korea itu. Bener gak sih oppa-oppa disana keyce badai kek di drama? Bener gak sih kosmetik di Myeongdong mureh tumpeh-tumpeh?
GD Oppa, I'm coming home T^T
Untuk masuk ke suatu negara sudah bukan rahasia umum lagi kalau kita pasti memerlukan yang namanya visa. Sayang sungguh disayang pihak Korea belum berani untuk memberikan visa gratis untuk Indonesia seperti yang mereka lakukan pada Malaysia. (pediihh akuuh, iri sungguh T^T) Jadi buat kamu-kamu yang mau main ke Korea harus pengajuan visa dulu yaa~~

Pembuatan visa buat satu negara ini termasuk yang riweuh menurut gue. Karena satu, dua, tiga, sepuluh hal jadi bikin drama banget. Sebenernya engga akan masalah kalau posisi kamu adalah pekerja yang emang setiap tahunnya punya SPT atau bukti potongan gaji, nah masalahnya adalah posisi gue sudah resign dari pekerjaan sebelumnya dan sekarang cuma jualan kecil-kecilan di online shop. 

(*udahan ah nulis sok baku-nya, capeeqq)

Untuk kalian yang bernasib 11 12 sama gue, jangan sedih jangan gundah. Gue disini hadir untuk memberikan jalan terang buat kamu-kamu semua, lol!

Baiklah, kita mulai saja dari persyaratan yang harus kalian bawa (atau yang kemaren gue siapin)
  1. Passport yang masih berlaku (minimal 6 bulan)
  2. Fotocopy passport bagian identitas, visa negara lain (kalau ada) serta cap imigrasi negara lain yang sudah pernah dikunjungi
  3. Formulir pengajuan visa korea (bisa klik disini) dengan satu foto lembar foto yang ditempel di kolom foto
  4. Foto ukuran 3 x 4 cm dengan background putih. Untuk yang tinggal di Kelapa Gading bisa coba foto di salah satu studio foto di Mall Kelapa Gading 3 namanya menyusul yak karena gue lupa -_-. Kemarin sih gue sertakan satu foto lagi jadi total ada dua foto yang gue kasih. Satu untuk ditempel dan satu diselipin pakai paperclip.
  5. Fotocopy KTP
  6. Fotocopy akta lahir (bawa aslinya juga, siapa tau staff-nya engga percaya kalo gue orang Indonesia hahaa)
  7. Fotocopy ijazah terakhir (bawa aslinya juga buat jaga-jaga)
  8. Fotocopy kartu keluarga (kalau gue kemarin bawa yang asli juga)
  9. Fotocopy bukti potongan PPH Pasal 21 (pajak)
  10. Fotocopy laporan SPT terakhir
  11. Rekening koran bank dalam kurun waktu 3 bulan terakhir. Oh iya sebenarnya tidak ada acuan harus ada berapa rupiah di rekening kamu tapi itu semua disesuaikan dengan lamanya kamu berkunjung disana. Perhitungannya adalah Lama Hari di Korea x Rp 1jt.
  12. Surat referensi dari bank terkait   
  13. Surat keterangan kerja dan fotokopi SIUP tempat bekerja (jika bekerja, nah saya kan engga kerja di perusahaan jadinya skip yang ini)
  14. Surat keterangan mahasiswa/pelajar bagi yang masih berstatus pelajar

 Untuk kasus special seperti gue diharuskan menyertakan surat-surat terkait dibawah ini;
  1. Rekening koran bank sponsor (kakak/orangtua/suami)
  2. Surat referensi bank sponsor (kakak/orangtua/suami)
  3. Surat pernyataan tidak punya bukti potongan pajak serta SPT dan akan digantikan dengan bukti potongan pajak serta SPT dari sponsor (tanda tangan diatas materai 6000). Yang ini harus banget disertakan. 
  4. Surat pernyataan dari sponsor. Sponsor ini harus orang yang satu kartu keluarga dengan kalian, bisa orang tua, kakak, atau suami. Inget ya, gak bisa pakai sponsor kakak-kakak-an -_- 
  5. Surat izin orang tua (bila perlu)
  6. Surat pernyataan usaha. Dikarenakan gue belum buat SIUP dari kelurahan untuk usaha maka alternatif dibuatlah surat pernyataan usaha yang gue karang sendiri :P 
  Yang dibawah ini sebenernya engga perlu sih tapi lebih baik menyiapkan semuanya;
  1.  Tiket pesawat Indonesia – Korea – Indonesia (jika belum punya tiket pesawat bisa issued dummy ticket dari Thai Airways) (Cara issued dummy ticket klik disini!)
  2. Bukti booking penginapan selama disana. Bisa booking lewat booking.com terus pilih penginapan yang free cancellation.
  3. Itinerary perjalanan (optional)
Setelah semua persyarat sudah kalian penuhi sekarang saatnya berangkat ke Kedubes Korea Selatan. Masukkan ke dalam satu map sehingga tidak akan ada dokumen yang tertinggal yaaa. Karena kalau sampai ada yang ketinggalan, duuuuhhh rasanya itu kek udah mau bersin tapi engga jadi. Zakitz.

Waktu penyerahan berkas untuk pengajuan visa mulai dari 09.00 - 11.30
Waktu untuk pengambilan passport (visa) mulai dari 13.30 - 16.30


Kalian bisa menggunakan TransJakarta koridor 9 dan turun di shelter Tanjung Duren kemudian ambil jalan kearah Rumah Sakit Medistra jalan terus sampai ketemu pohon-pohon bambu, lupa sih pohon apaan tapi pohonnya rimbun gitu. Kalau kalian bingung bisa langsung tanya sama orang sekitar aja. Pasti akan dibantu kok.

Setelah masuk gerbang pasti akan ditanyain tujuan kesitu mau ngapain terus bilang aja mau bikin visa turis. Sebelum masuk ke bagian visa nanti ada security check. Kalian harus tunjukin KTP asli, jadi jangan sampai lupa bawa KTP yak.

Assalamualaikum oppa~~
Sesaat sampai dibagian consular langsung bilang aja sama bapak petugas mau bikin visa nanti dikasih petunjuk harus ambil nomer antrian. Sambil nunggu nomer antrian kalian dipanggil ada baiknya susun berkas secara rapih ya.

Begitu nomer antrian kalian dipanggil, segera maju ke counter yang dituju dan serahkan berkas kalian. Nanti petugas akan memeriksa apakah berkas kalian lengkap atau tidak. Gue kemarin sampe harus balik lagi gegara ada satu surat yang kurang, hufftt drama kan?

Setelah berkas diterima kalian akan mendapatkan bukti pengajuan visa Korea yang nantinya harus kalian bawa saat pengambilan passport kalian.
 
Counter visa. Eeitts jangan ngelamun ya~~

Biaya yang harus kalian keluarkan untuk visa turis single entry adalah Rp 544.000 (per Maret 2017) dan hanya menerima pembayaran uang tunai. Kalau kalian kelupaan ambil uang tunai bisa tarik tunai dulu di ATM terdekat (bisa tanya ke satpam).

Proses pengerjaan biasanya memakan waktu 3-4 hari tapi kemarin karena lagi banyak banget yang pengajuan visa jadinya harus nunggu sampai 7 hari kerja -_-


Jangan lupa bawa diriku yaaa~~
Untuk pengecekan visa kalian diterima atau engga, kalian bisa check ke website visa.go.kr. Nanti masukkan nomer passport, nama, dan jenis visa. Tentang bagaimana cara pengecekkannya nanti gue bikin di post terpisah ya. (Janji aja terus. Saya memang selain suka tebar harapan, hobi juga tebar janji  :P)

Visa kalian tembus? Assiikkk~~~
Jangan lupa berterima kasih pada Tuhan Yang Maha Esa, Gugel, dan juga saya -_- (anaknya pamrih haha)

Sekarang saatnya ke embassy buat ambil passport kalian. Jangan lupa bawa tanda terima pengajuan visa ya karena kalau tanpa kertas itu passport kalian gak bisa diambil T^T


Passport ✔
Visa ✔
Saatnya packing! Yuhuuuu~~~

Sekian share info kali ini. Semoga berguna bagi kalian yang sedang dilanda galau durja gegara visa. Kalau ada yang mau ditanya sila tinggalkan di kolom komentar bagian bawah yaaa.
Terima kasihh
Kamsahamnidaa~~

*Sebenarnya ini post sudah lama tapi baru selesai sekarang karena ada empat belas lima belas hal lain yang harus saya urus sehingga post ini berbengkalai (alasan saja kamuuu -_- ) 

243 komentar:

  1. Kak, berarti halaman paspor yg ada cap2nya di fotokopi juga?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hi,

      Terimakasih sudah mampir kesini :)

      Iya kak halaman passport yang ada cap negara-negara lain di fotokopi juga.

      Hapus
  2. hii..maksudnya yg 1 KK itu. hrs keluarga kandung ga? soalnya aku KK nya ikut tante yg pny usaha restaurant.. makasih sebelumnya untuk penjelasannya.. ☺

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hi Valentia, terima kasih sudah mampir disini.

      Engga harus keluarga kandung kok, kalau misal kamu ikut KK tante pun engga masalah sejauh kamu dan tante memiliki hubungan keluarga.

      Hapus
  3. Surat keterangan ga punya spt pake bahasa inggris ya? Punya contohnya ga?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hi, terima kasih sudah mampir kesini. Iya lebih baik suratnya pakai bahasa Inggris. Saya ada contohnya kok, sila tinggalin email kamu disini ya :)

      Terima kasih :)

      Hapus
    2. Hai mba, saya boleh minta contoh surat-suratnya juga ga? Kebetulan saya juga olshop hehe. email saya, tisya.alifa@gmail.com

      Hapus
    3. Hai mb sy jg boleh minta contoh surat2 nya jg? Sy skrg ini jg olshop hahaha..sy pengen bgt kekorea tp lgs minder pas liat syarat2 nya .. O iya ini email sy ...chrisnawaty1@gmail.com.. Btw thx buat info nya jd semangat lg buat ke korea

      Hapus
    4. Halo Chrisna, maaf ya baru balas. Terima kasih ya sudah main kesini. Contoh suratnya sudah aku kirim ke email kamu ya. Sila dicek :)

      Hapus
    5. Halo kak boleh kirim surat keterangan gak punya spt kesini ms.firaaamd79@gmail.com :) terimakasih :)

      Hapus
    6. Halo kak boleh kirim Surat referensi bank sponsor, Surat pernyataan dari sponsor, keterangan gak punya spt kesini hannie1179@gmail / hanniekristiani@yahoo.co.id terimakasih

      Hapus
    7. Hello guys, terima kasih ya sudah main kesini. Sudah aku kirim ya ke email masing-masing. Semoga membantu ^^

      xoxo
      Yuliana

      Hapus
    8. Kak... Boleh minta contohnya gak? Kirim ke email rofiqahkhairiyanti86@gmail.com
      Terima kasih... Soalnya sama, dagang online jg...

      Hapus
    9. Hi Fika!
      Terima kasih sudah main kesini.

      Sudah aku kirim ya contoh suratnya ke email kamu. Sila dicek.

      Semoga membantu ^^

      XOXO
      Yuliana

      Hapus
    10. kak, boleh tolong kirimkan contoh tidak ada SPT juga? ke email aku viendrygunawan@gmail.com, terima kasihh

      Hapus
    11. hi kaka, aku boleh minta tolong di kirimikan contoh pernyataan tidak punya SPT dalam bahasa inggris ke abelinerachel@gmail.com .. thankyou so much!

      Hapus
    12. Hi, terima kasih sudah main kesini.

      Sudah aku kirim ya contoh suratnya ke email kamu. Semoga bisa membantu.

      XOXO
      Yuliana

      Hapus
    13. Hi, boleh lihat contoh contoh suratnya juga kah ka? Yang spt dan sponsor itu bagaimana
      Kalau boleh, minta tolong di kirim ke email ini ya
      yosi.ineba@gmail.com

      Terima kasih sebelumnya :)

      Hapus
    14. Hii, boleh minta contoh suratnya juga , yg spt dan sponsor , ke email devioctarina25@gmail.com makasih sebelumnya

      Hapus
    15. Hi Yosi dan Devi, thanks sudah main kesini.

      Sudah aku kirim ya contoh suratnya ke email masing-masing. Semoga membantu.

      XOXO
      Yuliana

      Hapus
    16. Halo kak, boleh share contoh surat pernyataan ga punya spt ke email ini ga? makasih! email: uise_bochan (at) yahoo.com

      Hapus
    17. Hi LL, terima kasih ya sudah main kesini.

      Aku sudah kirim ya contoh suratnya ke email kamu. Kalau ada yang masih bingung bisa ditanyakan ya :)

      Hapus
  4. Makasih mba ud dibalas.. bisa sekalian sama contoh surat keterangan kerja mba ga? Saya olshop juga soalnya.. makasih yaa... email: Jeneita.reiko@gmail.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hi dear, sudah aku kirim ya contoh suratnya ke emailmu. Semoga membantu :)

      Hapus
    2. Minta dong contoh surat surat nya...ridwanrijul89@gmail.com
      Ditunggu nya makasih

      Hapus
    3. Hi Ridwan, Sudah dikirim ya. Sila dicek :)

      Hapus
  5. hai salam kenal ya..bisa minta surat keterangan kerjanya jg? aq olshop juga soalnya, terima kasih sebelumnya,,,
    bonitaagatha@gmail.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hello! Terima kasih sudah mampir disini ^^

      Sudah aku kirim ya ke email kamu. Semoga membantu :)

      xoxo

      Hapus
  6. Hi Mba, boleh kah saya juga minta contoh surat keterangan online shopnya? Karena juga sama ni :) yu.ita@yahoo.com
    Terima Kasih ya mba :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo, terima kasih sudah mampir kesini ya.
      Sudah aku kirim ke email kamu ya mbak :)

      Hapus
    2. halo mba yuliana maaf mengganggu. boleh kirim contoh surat referensi dan surat pernyataan tidak ada spt mba ke email saya mba. di m.frans35@yahoo.com. trima kasih banyak mba. ditunggu mba. kamsa hamnida

      Hapus
    3. Hi! Terima kasih sudah main kesini.

      Sudah aku kirim ya ke email kamu. Sila dicek. Semoga membantu ^^

      Hapus
  7. hallo mb, maaf mengganggu aq chaca mau minta tolong, bisa minta surat keterangan tidak memiliki spt ga mb? Coz aq kan kerja sebagai guru (GTY) tapi status masih honorer jadi belum mempunyai npwp serta pajak. rencananya tahun depan akan diuruskan oleh sekolah tempat aq mengajar, begitu kak. Terimakasih sebelumnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Cha Dica terima kasih sudah mampir disini :)

      Boleh kok, tulis saja email kamu ya. Nanti aku kirim contoh suratnya :)

      Hapus
  8. hi,
    saya udah umur 28, saya dulu pernah kerja sebagai karyawan di perusahaan” sampai tahun 2016.
    Tapi sekarang saya kerja di toko yang jual mesin cuci, lemari dapur gitu (itu toko saudara). saya kerja cuma melayani tamu dan jaga toko. saya juga ada jual online shop gitu saja.
    dan saya juga tidak ada npwp/siup/spt/pph21. jadi apa yg saya perlu di siapkan ya?
    thanks

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hi Dolly, Terima kasih sudah mampir disini :)

      Sepertinya yang harus kamu siapkan adalah
      - Surat pernyataan tidak memiliki NPWP dan SPT
      - Surat keterangan kerja dari toko saudara kamu
      - Surat pernyataan usaha online shop kamu
      - Rekening koran dan surat rekomendasi dari bank
      - Surat sponsor jika ada

      Coba kamu tanya2 ke travel agent aja dulu, untuk memastikan. Soalnya aku juga engga begitu paham kalau diluar case yang aku alami hehe

      xoxo
      Yuliana Yuchan

      Hapus
    2. thanks kak, dan kak, sebenarnya diharuskan ada slip gaji gak ya?

      Hapus
  9. thanks kak,
    dan kak, pekerjaan apa dan dapat uang berapa baru ada kena potongan pph21 ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hi Dolly,

      Slip gaji tidak diharuskan ada kok. Tapi kalau ada lebih baik dimasukan saja.
      Seingat saya pribadi dengan penghasilan 54 juta setahun baru dikenakan PPh21. Tapi Saya engga paham juga sih masalah itu, coba dicari di google atau tanya ke yang paham saja ya. Takutnya salah kasih info euy hehe

      Hapus
    2. ok kak.. makasih ya.
      ak si ada pernah nny agent travel klo slip gaji harus ampe total jumlah bnyk ampe 5jt perbulan haha

      Hapus
    3. kak.. saya juga boleh minta kirim ke email : pianowu89@yahoo.com
      contoh surat pernyataan tidak ada spt pph 21 dan surat keterangan online shopnya gak ya? thanks ya

      Hapus
    4. Hi, Sudah aku kirim ya ke email mu :)

      Hapus
  10. Hi Mba.. Boleh minta diemail ke j0uzu@yahoo.com untuk :
    Surat pernyataan tidak punya bukti potongan pajak serta SPT dan akan digantikan dengan bukti potongan pajak serta SPT dari sponsor (tanda tangan diatas materai 6000) ?
    Terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hi, Terima kasih sudah main kesini :)

      Sudah aku kirim ya ke email kamu.

      Hapus
    2. Mba bisa kirimkan ke email saya juga contoh surat pernyataan tidak punya SPT dan digantikan dgn SPT sponsor ??
      kinan_gurls@yahoo.co.id
      terima kasih

      Hapus
    3. Hi Kinan, maaf ya baru balas. Terima kasih sudah main kesini.

      Sudah aku kirim ya contoh suratnya ke email kamu. Semoga membantu ^^

      Hapus
    4. halo, apakah saya bisa minta emailnya juga? untuk conton semua surat keterangnnya? saya juga jualan aja di online shop? thank you email saya marcelliuz@gmail.com thank you

      Hapus
    5. Hi, terima kasih ya sudah main kesini. Sudah aku kirim ya ke email kamu. Semoga membantu :)

      Hapus
  11. hallo.. saya minta tolong dikirim juga ya ke hiyecan@gmail.com untuk Surat pernyataan tidak punya bukti potongan pajak serta SPT dan akan digantikan dengan bukti potongan pajak serta SPT dari sponsor. thank you.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hi Maria, terima kasih sudah main kesini ya:)

      Sudah aku kirim ya ke email kamu. Semoga bisa membantu ;)

      Hapus
  12. Hallo kak
    Saya mau tanya, sy baru lulus s2, belum krj, pengen liburan aja.
    Gimana ya kak unk syarat2 pajak dll nya.
    Mohon infonya ya kak
    Email sy ( fadhilatulaufa@gmail.com)
    Makasih sebelumnya kak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hi Dillako, terima kasih sudah main kesini :)

      Berarti kamu belum ada aktifitas sehari-hari misal part time atau apa gitu ya? Heemm mungkin bisa diakalin dengan menyertakan kartu mahasiswa yang masih aktif. Biasanya pihak kedutaan memaksa kamu untuk melampirkan aktifitas kamu sekarang, misal bekerja atau kuliah. Kalau tidak ada aktifitas takutnya dicurigai mau kerja disana :(

      Oh iya sudah aku kirim ya contoh suratnya ke email kamu :)

      Hapus
  13. Halo mba, saya juga olshop nih. Boleh minta contoh surat-surat yang dilampirkan ga? Email saya: tisya.alifa@gmail.com makasih mbaa :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Alifa, terima kasih ya sudah main disini :D

      Sudah aku kirim ya ke email kamu :)

      Hapus
  14. haii mba.. saya boleh minta tolong dikirimin juga ya ke sinthyaes@gmail.com untuk contoh Surat pernyataan tidak punya bukti potongan pajak serta SPT dan akan digantikan dengan bukti potongan pajak serta SPT dari sponsor. makasiih..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hi Sinthya, terima kasih ya sudah main kesini.

      Maaf banget baru balas karena entah kenapa komentar kamu masuk ke Spam.

      Sudah aku kirim ya contoh suratnya ke email kamu. Semoga masih bisa membantu :)

      XOXO
      Yuliana

      Hapus
  15. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  16. Sis bisa email aku gak.. aku posisi kayak km tp bukan ol shop.. galau bgt mau buat visa utk ke korea bulan 4.. tolong email aku yah.. ada yg mau aku tanyakan.. emailnya sitinuramiati@yahoo.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hi Siti Nur, terima kasih ya sudah main kesini :)

      Sudah aku kirim ya ke email kamu. kalau ada yang mau ditanya boleh balas diemail aja ya :)

      Hapus
  17. Assalamualaikum mbk nur blog nya bagus banget membantu sekalai buat yang ke korea gak punya npwp.spt potongan pph21 . Mbk aku juga minta tolong dong email contoh surat keterangab gak punya npw.spt.pph21 sama contoh surat sponsor nya. Maaf ya mbk banyak hehe mohon kirim ke furedydede@yahoo.com terima kasih mbk nur

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hi Dede, Terima kasih sudah main kesini :)

      Sudah saya kirim ke email kamu ya. Semoga membantu.

      xoxo
      Yuliana

      Hapus
  18. halo mba, saya juga mau dong mba di email ke saya surat-surat pernyataan yang mba buat sendiri, karena saya juga ada rencana ke korea tahun ini
    hagary.seumdwa@gmail.com

    terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hallo Megoy, Terima kasih ya sudah baca blog Saya ^^

      Sudah saya kirim ya contoh surat yang saya pakai untuk apply visa Korea. Semoga membantu :)

      xoxo
      Yuliana

      Hapus
  19. Hai mbak, saya upit...saya boleh minta jg gak contoh surat pernyataannya. Soalnya semua persyaratan saya udah lengkap (udah beli tiket utk tgl 2 april 2018) Cuma spt aja yg gak punya. Pusing mikirinnya :( untung ketemu blog ini. Kirim ke telatepin@yahoo.co.id boleh mbak ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hi Upitte, terima kasih sudah main kesini.

      Sudah aku kirim ke email kamu ya. Semoga bisa membantu :)

      Hapus
  20. Hi, mbak... Boleh minta kirimin surat pernyataan tdk memiliki spt dan akan digantikn dg spt dari sponsor.(meilie.oey@gmail.com),trims

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hi Meilie, terima kasih sudah main kesini.

      Sudah aku kirim ke email kamu ya. Semoga membantu :)

      xoxo
      Yuliana

      Hapus
  21. Halo kak Yuliana, sebelumnya makasih banget kak udah sharing info di sini.. Kebetulan posisi aku sekarang sama kayak cerita kakak di atas, cuma bermodal olshop kecil-kecilan di IG dan shopee (sebagai mata pencaharian utama). Tapi alhamdulillah sih udah kekumpul buat jalan2 ke Korea hehe. Aku mau minta contoh-contoh dokumennya ya kak, deg2an banget soalnya takut ga keterima. emailku: papijinki@gmail.com terima kasih banyak kak Yuli

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hi akangmaneul, terima kasih ya sudah main kesini :)

      Sudah aku kirim ya contoh suratnya ke email kamu. Semoga membantu :D

      xoxo
      Yuliana

      Hapus
  22. hi mbaa... boleh minta contoh surat keterangannya dikirim ke nrlutami@yahoo.com..

    skalian nanti mau tanya2 lewat email yah mba..trima kasi banyak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hi, terima kasih ya sudah main kesini :)

      Sudah aku kirim ya contoh suratnya ke email kamu. Semoga membantu :D

      xoxo
      Yuliana

      Hapus
  23. hai aku karyawan di sebuah OLshop dan tidak memiliki SPT 21, jadi saya berencana menggunakan SPT 21 milik sponsor (ortu)
    kalau boleh tolong kirimkan kesaya contoh surat pernyataan pribadi mengenai SPT ini??
    ini email saya.. ricosanjaya92@gmail.com
    Terimakasih banyak :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hi Junheo, terima kasih sudah main kesini.

      Sudah aku kirim ya contoh surat yang aku pakai untuk aplikasi visa Korea. Semoga membantu ya :)

      xoxo
      Yuliana

      Hapus
  24. wah,infonya berguna banget. aku kebetulan mau ajak adikku, tp dia belum kerja, jadi nanti aku jadi sponsornya. bolehkah aku minta template2 surat yang kamu buat? ini emailku nadineagathaalana@gmail.com

    - Surat referensi bank sponsor (kakak/orangtua/suami)
    - Surat pernyataan tidak punya bukti potongan pajak serta SPT dan akan digantikan dengan bukti potongan pajak serta SPT dari sponsor (tanda tangan diatas materai 6000)
    - Surat pernyataan dari sponsor
    - Surat izin orang tua (bila perlu)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hi Nadine, terima kasih sudah main kesini.

      Sudah aku kirim ya contoh surat yang aku pakai untuk aplikasi visa Korea. Semoga membantu ya :)

      xoxo
      Yuliana

      Hapus
  25. haloo kak yuli, makasi untuk bagi pengalaman dan memberikan pencerahan buat kami org" tak ber SPT TT^TT
    Aku mau minta contoh-contoh dokumennya ya kak, takut ga keterima. emailku: lisa_office@yahoo.co.id makasi kak, moga aku lolos visa berkat bantuan kakak. Amin

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hi Lisa, terima kasih sudah main kesini.

      Sudah aku kirim ya contoh surat yang aku pakai untuk aplikasi visa Korea. Semoga membantu ya :)

      xoxo
      Yuliana

      Hapus
  26. hi kak... terima kasih sudah berbagi info. aku blh minta contoh dok n surat keterangannya jg ka? Gak punya SPT juga trus sama" olshop jg T.T ini emailnya kak: reginakumentas94@gmail.com, mohon bantuannya kak. Makasih bnyak :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hello Gin, Terima kasih sudah main kesini ^^

      Sudah aku kirim ya ke email kamu. Semoga membantu :D

      xoxo
      Yuliana

      Hapus
  27. Kak, aku jg minta tlg kirimin surat penyataan yg SPT itu, emailku: keyvira@gmail.com thanks kak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hi Katherine, terima kasih ya sudah main kesini ^^

      Sudah aku kirim ya ke email kamu, semoga membantu ^^

      xoxo
      Yuliana

      Hapus
  28. Hi mbak.. bisa minta tolong juga kirimkan contoh surat2 seperti yang diminta teman2 di atas? Ini emailku: saranghaechoiminho@yahoo.co.id

    Thanks mbak ^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hi, terima kasih ya sudah main ke sini.

      Sudah aku kirim ya ke email kamu. Semoga membantu :)

      Hapus
  29. Hi salam kenal.. Saya baru lulus kuliah dan belom bekerja jadi berencana menggunakan spt dan rekening koran ortu. Boleh minta tolong diemail ke abigaildumasari@naver.com untuk : Surat pernyataan tidak punya bukti potongan pajak serta SPT dan akan digantikan dengan bukti potongan pajak serta SPT dari sponsor ? Terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hi, maaf ya baru balas. Terima kasih sudah main kesini.

      Contoh suratnya sudah aku kirim ke email kamu ya. Sila dicheck ^^

      Hapus
  30. Assalamualaikum,.
    Informasinya sangat bermanfaat sekali terutama untuk newbie seperti saya hehe,.
    Boleh mbak tolong dikirimkan contoh surat-surat yang mbak ajukan ke Kedubes sebagai referensi saya,.
    Terima Kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waalaikumsalam Jimi, terima kasih sudah main kesini terima kasih.

      Boleh kok kalau mau lihat contoh surat yang kemarin aku pakai. Tulis email kamu saja ya :)

      Hapus
  31. Hi.. Saya baru lulus kuliah dan belom bekerja jadi berencana dibiayai orangtua. Menggunakan spt dan rekening koran ortu. Boleh minta tolong diemail ke lismonmarce@gmail.com untuk : contoh surat dokumen seperti yang diminta temen2 di atas? Terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hi Mona, terima kasih sudah main kesini. Maaf ya baru sempat kirim email.

      Sudah aku kirim ya contoh surat yang aku pakai untuk aplikasi visa Korea. Sila dicek.

      Semoga membantu
      xoxo
      Yuliana

      Hapus
  32. hai kak, saya juga mau lihat contoh surat-suratnya boleh? ini email saya melatiskma@gmail.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hi Melati, terima kasih ya sudah main kesini.

      Sudah aku kirim ya contoh surat untuk aplikasi visa Korea. Semoga membantu yaaa ^^

      Hapus
  33. Hai kak. Boleh kirim ke email saya juga kah soal surat pernyataan tdk punya SPT? Saya bingung utk isian alasan ditulis bagaimana...
    Sama dokumen lain yg dibutuhkan jg boleh ya kaak. Terima kasih banyak atas bantuannya �������� Ini email saya ellizawardhani93@gmail.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hello Elliza, terima kasih ya sudah main kesini.

      Contoh suratnya sudah aku kirim ya ke email kamu. Semoga membantu ^^

      Hapus
  34. Wah, ini dia informasi yang aku cari. Terima kasih, kak.

    Rekening koran 3 bulan itu wajib ya, kak? Misal nominalnya tidak sampai target, apa tetap bisa mengajukan visa dengan menggunakan surat keterangan sponsor?

    Boleh minta contoh emailnya, kak?
    - Surat referensi bank sponsor (kakak/orangtua/suami)
    - Surat pernyataan tidak punya bukti potongan pajak serta SPT dan akan digantikan dengan bukti potongan pajak serta SPT dari sponsor (tanda tangan diatas materai 6000)
    - Surat pernyataan dari sponsor
    - Surat izin orang tua (bila perlu)

    Emailku elizabethsitohang @ gmail.com

    Terima kasih banyak, kak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hi Eliza, Terima kasih sudah main kesini.

      Sudah aku kirim ya ke email kamu contoh surat-suratnya.

      Semoga membantu ^^

      xoxo
      Yuliana

      Hapus
  35. Wah postingan nya bermanfaat kak. aku boleh minta surat-suratnya? tolong emailkan ke getexindo@gmail.com ya kak!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hi, makasih ya udah main kesini.

      Sudah aku kirim ya ke email kamu. Semoga membantu ^^

      xoxo
      Yuliana

      Hapus
  36. halo kak, terimakasih atas infonya. boleh minta cth surat2nya ngga kak? email aku moniqueecaroline@gmail.com
    terima kasih sebelumnya ^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hi, makasih ya udah main kesini.

      Sudah aku kirim ya ke email kamu. Semoga membantu ^^

      xoxo
      Yuliana

      Hapus
  37. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  38. kak,minta contoh surat tidak memiliki npwp dan spt dong ..
    email saya veronicaliu0@gmail.com
    thank you..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hi Veronica, makasih ya udah main kesini.

      Sudah aku kirim ya ke email kamu. Semoga membantu ^^

      xoxo
      Yuliana

      Hapus
  39. Halo..makasih banyak infonya..jadi tambah bahan buat persiapan bikin visa..
    kak minta tolong surat keterangan tidak punya SPT dong..ini emailku : galuh.prabawani@yahoo.com

    Makasih banyak...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hi Galuh! Terima kasih sudah main kesini. Maaf ya baru balas karena entah kenapa komentar kamu masuk ke Spam.

      Sudah aku kirim ya ke email kamu. Semoga bisa membantu ^^

      XOXO
      Yuliana

      Hapus
  40. Hallo kakak boleh minta contoh surat2ny..makasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Email aku chandrawati0702@gmail.com

      Hapus
    2. Hi Chandra, terima kasih sudah main kesini. Sudah aku kirim ya ke email kamu.Semoga membantu.

      XOXO
      Yuliana

      Hapus
  41. Kak bisa di email gk surat pernyataan tdk memiliki spt dll krna sponsornya ayah saya dan ayah sy udh pensiun
    Bsa mnta tlg kirimkan surat keterangan tdk memiliki spt dkk, dan surat izin org tua ke email : ej_kwon@yahoo.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hello! Sudah aku kirim ya ke email kamu. Sila dicek ^^

      Hapus
  42. Hy kk, bleh mnta contoh surat2nya??
    Tlong d email ksni y..
    tearslilac9@gmail.com
    Mkasih.. ^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hi! Terima kasih sudah main kesini yaa.

      Sudah aku kirim surat-suratnya ke email kamu ya. Sila dicek ^^

      XOXO
      Yuliana

      Hapus
  43. syafiatul rochmah22 Maret 2018 pukul 09.15

    Assalamualaikum,.

    Salam kenal sis..
    Informasinya sangat bermanfaat sekali.. Boleh minta tolong diemailkan juga ke sr_full@yahoo.com untuk contoh:
    • Surat pernyataan tidak punya bukti potongan pajak serta SPT dan akan digantikan dengan bukti potongan pajak serta SPT dari sponsor (tanda tangan diatas materai 6000).
    • Surat pernyataan dari sponsor. Sponsor ini harus orang yang satu kartu keluarga dengan kalian, bisa orang tua, kakak, atau suami.
    • Surat izin orang tua (bila perlu)
    • Surat pernyataan usaha

    Terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waalaikumsalam. Hi Syafiatul, terima kasih ya sudah main kesini. Sudah aku kirim ya ke email kamu. Sila dicek. Semoga membantu.

      XOXO
      Yuliana

      Hapus
  44. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Feby, Maaf ya baru balas. Sebelumnya terima kasih ya sudah main kesini, untuk contoh surat sudah aku kirim ke email kamu ya. Wah setau aku sih tetap harus melampirkan surat keterangan tidak punya SPT deh. Coba kamu buka link ini deh, keknya persyaratan aplikasi visa sudah berubah. http://overseas.mofa.go.kr/id-id/brd/m_2711/view.do?seq=731525&srchFr=&srchTo=&srchWord=&srchTp=&multi_itm_seq=0&itm_seq_1=0&itm_seq_2=0&company_cd=&company_nm=&page=1

      Hapus
  45. Halo kak, saya minta contoh surat-surat yg kakak pake pas pengajuan visa nya dong. Saya rencana ke korea nya di sponsori ibu saya yg juga ikut liburan bareng saya kesana, jd butuh bbrp contoh surat pernyataan utk pengajuan visa nya. Tolong dikirim ke email saya mailisarizky@gmail.com makasih kak :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hi, terima kasih sudah main kesini. Sudah aku kirim ke email kamu ya. Semoga membantu ^^

      Hapus
  46. hai kak, saya juga mau lihat contoh surat-suratnya yang lengkap boleh? ini email saya angela_sanusi@yahoo.com
    thankyou ;)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hi, terima kasih sudah main kesini. Sudah aku kirim ke email kamu ya. Semoga membantu ^^

      Hapus
    2. Halo kak aku boleh minta juga ga contoh2 surat2 visa yg kk pake apa aja kl berkenan..blog kk sangat membantu sekali, thank u. ini email saya eve84887@gmail.com

      Hapus
  47. hallo kak, saya boleh lihat contoh surat-suratnya yang lengkap? ini email saya antochen_96@yahoo.com
    thankyou

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hi Hi! Terima kasih sudah main kesini ya^^

      Sudah aku kirim ya ke email kamu. Semoga membantu.
      XOXO
      Yuliana

      Hapus
  48. Hi kaa, makasi buat blog ya, boleh minta cintoh surat sponsor klrga sama ktrgan kerja/usaha ya?? Soal ya saya olshop juga dan bgung untuk buat surat usaha ya , ini email aku vero.rocil@gmail.com
    Terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hi Vero, terima kasih sudah main kesini. Sudah aku kirim ya contoh suratnya ke email kamu. Semoga membantu ^^

      xoxo
      Yuliana

      Hapus
  49. Halo kak. Boleh minta tolong dikirimkan contoh surat2nya yang lengkap (surat tidak punya spt, npwp, pph21, olshop, surat sponsor)? Kalau boleh tlg email saya di tyasariwimbayu@gmail.com . Terimakasih banyak kak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hi, terima kasih ya sudah main kesini.

      Sudah aku kirim ya ke email kamu. Semoga membantu :)

      Hapus
  50. Halo kak, Boleh minta tolong dikirimkan surat tidak punya spt, surat keterangan kerja kah?
    ini email saya di zagustine1984@gmail.com. thanks you ^_^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hi, terima kasih ya sudah main kesini.

      Sudah aku kirim ya ke email kamu. Semoga membantu :)

      Hapus
  51. Halo kak saya mau tanya.
    Saya mahasiswa, gak punya spt npwp, ibu (kepala kluarga) gada npwp spt dan beliau slalu pake rekeningku.
    Tapi saya ada part time ikut bimbel.

    yg saya bingungkan, bolehkah sy melampirkan rekening koran saya? trus npwp spt saya gimana? perlukah saya mencantumkan surat keterangan dari pihak bimbel bahwa saya part time disitu? sakit kepala saya mikir ini semua :( mohon bantuannya.. terimakasih kak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hi Lusy, terima kasih sudah main kesini.

      Kalau menurut aku kamu sertakan surat keterangan part time dari Bimbel supaya ada bukti kalau kamu ada perkerjaan di Indonesia jadi tidak mungkin jadi imigran gelap di Korea. Kalau untuk SPT keknya mendingan kamu tulis surat keterangan tidak punya SPT juga deh.

      Hapus
  52. Hai kak,bisa minta tlg kirimin semua contoh surat keterangan yang diminta,trimakasih
    ensy.nova14@gmail.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hi, terima kasih ya sudah main kesini.

      Sudah aku kirim ya ke email kamu. Semoga membantu :)

      Hapus
  53. Hallo mbak.. boleh minta contoh surat2nya jg gak? K wahyuni.tjeu@icloud.com
    Soalnya kasus saya kyk mbak udh resign juga... thx :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hi, terima kasih ya sudah main kesini.

      Sudah aku kirim ya ke email kamu. Semoga membantu ^^

      XOXO

      Hapus
  54. Sis..aku jg minta surat keterangan tidak punya spt y ke skoyangi@yahoo.com thank you

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sis...email sudah aku terima y. Thank you banget 😘😘😘

      Hapus
    2. Hi, terima kasih ya sudah main kesini.

      Iya sama-sama, semoga bisa membantu ya :)

      Hapus
  55. Haii kak,
    Terima kasih, infonya sgt bermanfaat.

    Boleh minta tlg kirimin aq contoh2 surat utk persyaratan pengajuan visa Korsel kak,Ke pagitrima@gmail.com insyaa Allah Juli nnti mau ke Seoul.
    Aq freelancer, dan punya olshop, baru resign dr pekerjaan pada agustus'17,, Nah aq punya NPWP dan SPT 2017 tapi tidak wajib lapor SPT karena penghasilanku tidak memenuhi kriteria utk wajib lapor. Apakah sebaiknya aq buat surat tidak memiliki NPWP n SPT saja kak?
    Dan kebetulan skrg aq tinggal bersama kakak kandung, krna Ortu sdh berpulang, dengan KK yg sdh pisah dgn kakak kandung..
    mohon pencerahannya ya kak.. hehee

    Anw, tq b4 kak. 😄

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hi Pagit, terima kasih sudah main kesini.

      Kalau menurut aku kamu buat surat keterangan tidak punya SPT saja. kenapa? Karena kalau kamu pakai SPT 2017 pun sudah lewat masanya, kecuali kalau kamu mengajukan visa sebelum Februari 2018 karena setelah Feb sudah ada laporan SPT 2018.

      Hapus
  56. Halo kak.. terima kasih info nya sangat bermanfaat.. boleh minta tolong diemailkan contoh surat keterangan usaha?

    Soalnya ak resign tahun lalu, dan aku skrg online shop. Ak bayar pajak online shop skrg yg 1% dari omset.. tapi ak belom punya SIUP heheh

    Email aku: stevannies@hotmail.com

    Terima kasih banyak kak ��������

    BalasHapus
  57. Halo mba, aku mau tanya..
    Bln nov ini aku rencana mau ke korea sm anak aku (2 tahun) dan adik aku. Yg mau aku tanyakan :
    1. Aku pnya npwp tp ga punya spt, krn skrg aku ibu rmh tangga udh ga kerja lg. Apakah dibutuhkan surat tidak punya spt? Kalau iya alasannya apa ya?
    2. Utk rekening koran 3bln terakhir, mamah saya yg akan transferin saya mba, tp kan karena sdh menikah dan beda KK tidak bisa ya disponsorin oleh org tua? Jd saya minta mamah saya utk transferin sejumlah dana tp dengan cara ditransfer sedikit2 tiap bulannya? Apakah bisa mba? Apakah tetap diperlukan juga rekening koran suami 3 bln? Karena nominal rekening suami tidak banyak.
    3. Utk syarat anakku yg 2 tahun aku hrs sertakan apa aja ya?
    4. Utk adik saya, dia baru akan sumpah dokter juli ini, tp sudah menikah jd KK juga sdh pisah dgn ortu, apakah bisa menerapkan cara yg sama dgn saya mba? Dgn ditransfer sejumlah dana dr ortu ke rekening dia?

    Mohon pencerahannya ya mba.. makasih 🙏🏼🙏🏼

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hi Mbak Yulia, terima kasih sudah main kesini. Maaf ya aku baru balas.

      Sebenarnya aku juga engga terlalu paham mbak dengan kasus-kasus pembuatan visa korea ini, yang aku pahami hanya untuk kasus aku saja. Jadi lebih baik Mbak banyak bertanya juga ke forum-forum traveling di internet. Aku akan bantu jawab sebisa aku saja ya.

      1. Lebih baik sertakan surat keterangan tidak memiliki SPT juga mbak dan juga surat izin bepergian dari sponsor. Kalau sudah menikah biasanya Suami yang jadi sponsor, maka lebih baik menyertakan SPT Suami juga.

      2. Karena yang akan menjadi sponsor adalah suami maka harus menyertakan bukti keuangan berupa tabungan suami.

      3. Kalau untuk balita sepertinya sih hanya butuh passport dan akta kelahiran deh mbak, kan sang anak ikut Ibu.

      4. aku engga tau mbak tentang ini.

      Untuk persyaratan yang paling baru bisa lihat di web http://overseas.mofa.go.kr/id ya mbak.

      semoga membantu ^^

      Hapus
  58. halo kak, mau contoh surat tidak memiliki SPT yang alasannya ibu rumah tangga . di email: mien.ms@gmail.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hi Kak Mimin, terima kasih sudah main kesini.

      Yah aku engga punya surat keterangan tidak memiliki SPT untuk Ibu Rumah Tangga :(

      Mohon maaf ya :'(

      Aku kirim saja ya kak formatnya silakan diedit sesuai keperluan :)

      Hapus
    2. terimakasih ya ka..nanti saya edit

      Hapus
  59. Hallo sis..salam kenal ya..
    Saya mau minta contoh surat tidak memiliki spt/siup/situ hehehee.. boleh kirim ke email saya clorisia.chavali3@gmail.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hi, terima kasih ya sudah main kesini.

      Sudah aku kirim ya contoh surat yang aku pakai untuk aplikasi visa Korea. Sila check email kamu :)

      Hapus
  60. Hallo akk sy boleh mnta contoh surat sptnya ? Sy msh mahasiswa pake spt ortu kan ?tp ortu sy tidak memiliki spt gmn kak
    Ini email sy kak ap.anjar@yahoo.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hi Anjar, terima kasih sudah main kesini.

      Sudah aku email ya contoh surat-suratnya. Mungkin bisa pakai surat keterangan tidak memiliki SPT.

      Hapus
  61. hai kak, boleh minta contoh surat keterangan gak punya SPT nda? buat refrensi
    ini emailnya khoirunanis03@gmail.com
    terimakasih kak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hi Anis, terima kasih sudah main kesini.

      Aku sudah kirim ya contoh surat yang aku pakai saat pengajuan visa Korea. Sila dicek. Semoga membantu.

      XOXO
      Yuliana

      Hapus
  62. Hay sis aku rencana pergi sama suami, kira kira kalo sponsornya suami perlu nyertain rek koran aku juga gak ya?
    aku dan suami belum buat kk, kira kira kalau nyantumin kk keluarga asal dan dilampirin surat nikah bisa gak?
    dan terakhir boleh minta surat pernyataan tidak punya spt dan npwp nya ke email shineeonew35@gmail.com
    thanks

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hi, terima kasih sudah main kesini.

      Sudah aku kirim ya contoh suratnya ke email kamu. Semoga bisa membantu.

      Surat nikah dan KK asal lebih baik dilampirkan saja mbak terus rekening koran mbak menurut aku engga usah dilampirkan lagi. Lebih baik mbak tanya juga ke forum travelimng biar dapat jawaban yang lebih valid. Soalnya ilmu aku masih dikit banget :(

      Hapus
  63. Kak boleh jg minta surat keterangan tdk pny npwp dan spt? Tolong kirim Ke jessica93han@gmail.com
    Thanks a lot

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hi! Terima kasih sudah main kesini.

      Sudah aku kirim ya ke email kamu. Sila dicek.

      Semoga membantu^^

      Yuliana

      Hapus
  64. Hii,, boleh minta contoh surat surat yg dipakai? Tolong kirim ke ratnatrihapsari@yahoo.com terimakasih banyak sebelumnyw

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hi Ratnatri, terima kasih sudah main kesini!

      Sudah aku kirim ya contoh suratnya ke email kamu. Sila dicek.

      Semoga membantu ^^
      Yuliana

      Hapus
  65. Halo kak, terima kasih atas informasinya yg sangat membantu. Saya juga sudah resign dan saat ini bekerja di usaha kecil milik orang tua. Saya punya NPWP tapi tidak lagi mempunyai SPT. Apakah saat itu kakak melampirkan NPWP kakak juga? Atau cukup surat keterangan tidak punya SPT saja?
    Mohon dikirimkan semua contoh suratnya ke macar.legos.2012@gmail.com
    Terima kasih ya kak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hi Lucy, terima kasih sudah main kesini.

      Saat itu aku melampirkan surat keterangan tidak punya SPT dan juga fotocopy NPWP.

      Sudah aku kirim ya contoh suratnya ke email kamu. Sila dicek dan diedit sesuai kebutuhan.

      Semoga membantu
      XOXO
      Yuliana

      Hapus
  66. Halo mbak saya mau tanya.saya dan kedua ortu mau ke korea dan saya di sponsori mereka.apakah saya harus lampirin juga rekening bank ortu? Trus saya bru punya npwp tapi blum punya spt karena blum jalan setahun.apa bisa memakai spt ortu karena ortu saya ikut pergi dan sponsor?.kira kira apa saja yg perlu di lampirkan tentang sponsor?.maaf saya banyak nanya :)sekalian juga mbak tolong kirimin contoh surat2 ke derideigar@gmail.com terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hi Dei, terima kasih sudah main kesini!

      Sepengetahuan aku kamu lampirkan juga SPT orang tua, rekening bank orang tua (salah satu saja, boleh Ayah atau Ibu) dan juga surat referensi dari bank karena orang tua kamu yang akan menjadi sponsor perjalanan kamu ke Korea.

      Lebih baik kalau kamu menyertakan surat sponsor juga agar lebih meyakinkan kalau orang tua kamu benar-benar adalah sponsor kamu.

      Untuk info lebih jelasnya kamu bisa tanya-tanya ke forum backpacker ya, soalnya ilmu aku juga masih sedikit banget :(

      Sudah aku kirim ya contoh suratnya ke email kamu. Sila dicek. Semoga membantu :)

      XOXO
      Yuliana

      Hapus
  67. Halo kak, minta juga donk.. contoh pernyataan ga punya spt nya..
    Soalnya saya udah resign 2th, pastinya ga punya spt tuh. N sekarang cuma bisnis online shop n toko, tokonya jg punya bokap. Dan ga punya siup pula. Mirip banget deh kayak yg di tulis sama kakak.
    Tolong contoh penyataannya ya kak ke raynardus@gmail.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hi Ardy, terima kasih sudah main kesini.

      Sudah aku kirim ya contoh surat yang aku gunakan saat aplikasi visa Korea. Sila dicek.

      Semoga membantu ^^

      XOXO
      Yuliana

      Hapus
  68. Halo.. saya boleh minta contoh surat2 nya juga mbak? Email saya di yonnazefanya@gmail.com .. terimakasih sebelumnya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hi Yonna, terima kasih sudah main kesini.

      Maaf ya baru balas sekarang. Semoga aku masih bisa membantu.

      Sudah aku kirim ya contoh suratnya ke email kamu. Sila dicek :)

      XOXO
      Yuliana

      Hapus
  69. Halloo kak, boleh minta contoh surat-suratnya ngga ya? Kirim ke email delladama.dd@gmail.com ditunggguuu yaa kakkk

    BalasHapus
  70. Kaakk, pliiss boleh minta contoh surat pernyataan usaha ngga? Soalnya aku mau ngajuin visa bulan ini kakk :((

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hi Della, terima kasih sudah main kesini.

      Maaf ya baru balas sekarang. Semoga aku masih bisa membantu.

      Sudah aku kirim ya contoh suratnya ke email kamu. Sila dicek :)

      XOXO
      Yuliana

      Hapus
  71. hello kak, boleh minta contoh surat nya kak :)
    email saya : melisalim65@yahoo.com
    Terima kasih kak :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hi Melysa, terima kasih sudah main kesini.

      Maaf ya baru balas sekarang. Semoga aku masih bisa membantu.

      Sudah aku kirim ya contoh suratnya ke email kamu. Sila dicek :)

      XOXO
      Yuliana

      Hapus
  72. Hallo kaak, boleh aku minta contoh suratnya kaak? Aku mau apply juga soalnya hehehe. nopidh@gmail.com . Terimakasih banyak kaak :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hi Nopi, terima kasih sudah main kesini.

      Maaf ya baru balas sekarang. Semoga aku masih bisa membantu.

      Sudah aku kirim ya contoh suratnya ke email kamu. Sila dicek :)

      XOXO
      Yuliana

      Hapus
  73. Halo kak ak jg minta contoh srt ga pnya spt dan srt online shopnya yaa 2bln lagi ak mau apply visanya.
    Email Lisnieee01@gmail.com makasih banyak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hi Liz, terima kasih sudah main kesini.

      Sudah aku kirim ya contoh suratnya ke email kamu. Silakan dicek yaaa.

      XOXO
      Yuliana

      Hapus
  74. Halo mbak.. boleh minta contoh surat ga punya Npwp/Spt? Makasih.. @megarinj@gmail.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hi Tini, terima kasih sudah main kesini.

      Itu alamat email kamu sudah benar?

      Hapus
  75. Halo mbak...salam kenal
    Boleh saya dikirimin contoh surat gak punya SPT PPH 21 disertai alasannya ke email : ambondentist@yahoo.co.id
    Terimakasih banyak atas bantuannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hi Hi. terima kasih sudah main kesini.

      Sudah aku kirim ya contoh suratnya ke email kamu. Silakan dicek.

      Semoga membantu ^^

      XOXO
      Yuliana

      Hapus
  76. Halo, mbak. Saya juga online shop kayak mbak, nih :)
    Boleh dikirimin surat keterangan untuk online shop-nya?
    Thanks a lot n salam kenal ya, mbak ^_^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hi Marry, terima kasih sudah main kesini.

      Boleh kok, tulisin alamat email kamu saja ya :)

      Hapus
    2. email daku di valcrist_m@yahoo.com, mbak
      Makacih banyak ya, mbak :)

      Hapus
    3. Hi Marry,

      Sudah aku email ya contoh surat yang aku pakai. Silakan dicek :)

      XOXO
      Yuliana

      Hapus
    4. makasih buuaaaanyak ya, mbak

      XOXO :)

      Hapus
  77. Halo Kak, thank you atas sharingnya <33 Kebetulan lagi mau apply visa juga dan kasusnya spesial ky kk ehehe
    Boleh minta dikirim juga Kak format surat2 keterangan usaha & ga punya SIUP/ NPWP / SPT-nya? E-mail sy: adrenamline@gmail.com

    Thank you Kakk~

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hi Anna, terima kasih sudah main kesini.

      Sudah aku kirim ya contoh surat-suratnya ke email kamu. Semoga membantu ya :)

      XOXO
      Yuliana

      Hapus
  78. Halo Kak, makasih banged utk sharingnya.. kebetulan aku jg kondisinya spt kakak..

    Bs minta tolong diemail surat sponsor org tua, surat pernyataan ga punya npwp, spt & pph21, dan juga surat online shop?

    Maaf yg brusan kelupaan emailnya😂

    Email: stephanie.kurniawaty@gmail.com

    Makasih kak `

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hi, Stephanie terima kasih sudah main kesini.

      Sudah aku kirim ya contoh suratnya ke email kamu. Silakan dicek ya.

      Hapus
  79. Hai kak boleh kirim Surat referensi bank sponsor, Surat pernyataan dari sponsor, keterangan gak punya spt kesini lusianayesisca@gmail . terimakasih

    BalasHapus
  80. Hi kaka terima kasih sharingnya yaa,
    Bisa minta tolong dikirimin contoh surat2nya ke andrieferdian.ilham@gmail.com

    Tetima kasih

    BalasHapus
  81. halo kak, saya boleh minta contoh suret pernyataan ga punya spt dan pph21 kah? thanks

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hi, Anna. Maaf baru sempat balas.

      Boleh dong, tulis email kamu saja ya.

      Hapus
  82. halo ka, terima kasih sharingnya!:)

    saya boleh minta contoh surat sponsor org tua, surat pernyataan yang ga punya npwp, spt & pph21, dan juga surat online shopnya ka?

    email ke: desiradelin@gmail.com

    Thank You :))

    BalasHapus
  83. Sis saya juga sama puny olshop di ig , mau coba apply visa korea boleh mints dokumen dokumen nya sis ke devioctarina25@gmail.com makasih sebelum nya

    BalasHapus
  84. kak boleh lihat contoh dokumennya dokumennya? terimakasih
    dessymeiina01@gmaul.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hi Dessy, terim kasih ya sudah main kesini.

      Sudah aku kirim ya contoh suratnya ke email kamu, kalau ada yang bingung bisa ditanyakan ya.

      Semoga membantu.

      XOXO
      Yuliana

      Hapus
  85. Hai kak, boleh aku minta contoh dokumen2 nya? kebutalan aku juga baru merintis usaha kecil2an Dan rencana menggunakan sponsor orang tua jadi mau liat contoh dokumen2 terkait. Email: destiawanachmad@gmail.com makasih sblmnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hi, terima kasih ya sudah main kesini.

      Sudah aku kirim ya contoh suratnya ke email kamu. Semoga membantu :)

      Hapus
  86. Haii mbaaa boleh minta tolong contoh surat surat yg diperlukan gak??? Terutama surat keterangan tidal punya spt terima kasih.email:asniawatilembang @yahoo.com

    BalasHapus
  87. Haloo kakaa.. aku boleh minta juga gak surat keterangan tdk memiliki NPWP dan SPT. Aku udah kerja 3 th cuma belom ada NPWP baru mau buat baru baru ini. Makasih kaaa.
    Email : fitriwhyngsh@gmail.com

    BalasHapus