Minggu, 29 Oktober 2017

One Fine Day in Hiroshima



Salah satu area di Chugoku yang wajib banget kamu datengi saat traveling ke Jepang adalah Hiroshima. Yap! Pasti udah engga asing dengan kota yang satu ini. Namanya sudah berkali-kali disebutkan di buku pelajaran Sejarah SMP (dan SMA?).

Mulai dari melihat bangunan kubah yang selama ini cuma ada di buku dan televisi, nyicipin okonomiyaki-nya Hiroshima, sampai menikmati senja dengan latar belakang Tori merah di tengah laut bisa kamu dapatkan hanya dalam satu hari yang ber-faedah.


How to get there?

Cara termudah menuju Hiroshima ini adalah dengan menggunakan shinkansen dan berhenti di Hiroshima station. Kamu bisa pilih shinkansen Hikari, Sakura, Kodama, Nozomi, atau Mizuho. Kalau kamu memilihi JR Pass maka kamu berkesempatan ke Hiroshima secara cuma-Cuma (sebenernya gak gratis juga sih, Cuma kamu sudah bayar duluan) dengan Shinkansen Hikari, Sakura, dan Kodama. Waktu tempuh dari Osaka ke Hiroshima sekitar 1.5 – 2 jam. Lumayan lah bisa tidur dulu hihihii

Untuk tarifnya bisa langsung cek di Hyperdia.com ya J

How to stroll around Hiroshima?

Untuk berkeliling tempat wisata di Hiroshima kamu bisa naik bus JR loop, Meipurupu, dengan harga sekali naik 200 yen atau bisa juga beli 1-day pass seharga 400 yen. Keuntungan besar untuk kamu yang punya JR Pass karena gratis naik bus turis ini. Rutenya pun melewati tempat-tempat wisata yang terkenal mulai dari Shukkeien Garden, Hiroshima Castle, Hiroshima Peace Memorial Museum, dan Hiroshima Atomic Bomb Dome.

Kamu bisa naik bus ini mulai dari Hiroshima station dan langsung ikuti petunjuk menuju antrian JR Meipurupu. Oh iya bus ini sistemnya Hop On Hop Off ya, jadi kamu bisa turun dan naik di setiap halte yang tersedia sesuai keinginan kamu tapi tetap sih kamu engga bisa minta turun disembarang tempat hehe :P

Ada 3 jenis rute yang disediakan. Secara garis besar sih semua rute melewati objek wisata yang sama. Rute bisa dilihat di bawah ini ya.

credit: Chugoku JR Bus Company
Klik link ini ya untuk info lebih banyak --> click here!

Attractions in Hiroshima

1. Hiroshima Atomic Bomb Dome
Ini bagunan terkenal banget sejahad raya dari kutub utara sampai kutub selatan (perlebayan). Menjadi satu-satunya bangunan yang masih tersisa dari bom nuklir “Little Boy” yang dijatohin US pada 6 Agustus. Kalo dipikir-pikir kuat juga ya ini bangunan sampai walau sudah kena bom nuklir pun tapi masih tetap berdiri. Eh atau pemerintah setempat sudah pernah merenovasi bangunan ini? Saya lupa-lupa inget euy, padahal ada penjelasannya disana tapi lupa di foto -_- Yang tau bisa komen dibawah ya J

Cara kesana adalah dengan menaiki JR Meipurupu rute Green, Orange, atau Yellow dan turun di pemberhentian Atomic Bomb Dome.

Hiroshima Atomic Bomb Dome

2.  Hiroshima Peace Memorial Museum
Masih berada satu area dengan Hiroshima Atomic Bomb Dome, museum ini bisa kamu capai dengan berjalan kaki. Sepanjang jalan dari Atomic Bomb Dome menuju Peace Memorial Museum kamu bakalan nemuin banyak patung dan monumen yang berkaitan dengan bom Hiroshima ini. Di dalam museum ini kamu bisa melihat berbagai benda peninggalan semasa bom nuklir melulu lantahkan area ini. Ada kotak makan, baju sekolah, buku catatan, hingga sepatu. Ada juga diorama sejarah mulai dari jatuhnya bom hingga efek yang ditimbulkan setelahnya.

Student Mobilization Memorial Tower

Student Mobilization Memorial Tower

The Peace Bell

Children's Peace Monument


The Cenotaph
Dengan tiket masuk 200 yen, Saya rasa museum ini harus masuk ke dalam list kamu sih kalau berkunjung ke Hiroshima. Oh iya museum ini buka dari jam 8 pagi hingga 6 sore saat bulan Maret – Nov, sedangkan bulan Agustus, Desember - Februari buka dari jam 8.30 – 7 malam. Jangan sampai kelewatan ya :D

Hiroshima Peace Memorial Museum

3. Okonomi-mura Village
   Setelah kaki mulai lelah, perut mulai lapar sekarang saatnya mencari seonggok makanan yang bisa mengembalikan energi ^^

Dari Hiroshima Atomic Bomb Dome sebenarnya bisa jalan menuju Okonomi-mura Village ini, tapi kalau mau menghemat waktu dan tenaga kamu bisa naik bus rute warna Orange atau Yellow dan turun di Hatchobori. Dari sana kalian bisa jalan menuju Hondori Shopping Street atau Parco, nanti tinggal lurus dan akan ketemu bangunannya. Jadi Okonomi-mura Village itu semacam food court yang isinya okonomiyaki ala Hiroshima. Bedanya dengan okonomiyaki yang biasa adalah okonomiyaki disana dicampur dengan mie kuning.

Link ini bisa membantu kamu kalau mau tau tentang okonimi-mura village lebih banyak!

Okonomi-mura
Sebenarnya masih banyak lagi objek wisata yang bisa dikunjungi hanya saja kemarin Saya kesiangan sampai Hiroshima jadinya tidak bisa memaksimalkan objek wisata disini deh.

Kamu bisa klik ini -> Hiroshima untuk info tentang Hiroshima ^^

Untuk kembali ke stasiun Hiroshima kamu bisa kembali naik Meipurupu menuju Hiroshima station, tapi perhatikan jadwal busnya juga ya. Kalau ternyata kamu kesorean dan bus Meirupuru dari Hatchobori sudah engga ada, kamu bisa naik bus atau streetcar dari Hatchobori bus stop menuju Hiroshima Station.

Kalau kamu memulai exploring di Hiroshima dari pagi dan hanya mendatangi beberapa tempat saja, maka sekitar jam 1 atau 2 siang kamu sudah selesai menjelajah disana. Eits, jangan pulang dulu! Mending kamu lanjut ke Miyajima. Lihat matahari kembali ke tempat istirahatnya dengan latar gerbang torii yang 'mengapung'.

xoxo

Tidak ada komentar:

Posting Komentar